Indonesia Mengajar

Have you ever heard aboutIndonesia Mengajar“?Image

Belum? Never mind. Beberapa dari teman saya pun ada yang belum pernah mendengar gerakan yang satu ini. Jika boleh menjelaskan, Indonesia Mengajar adalah salah satu gerakan Indonesia-ers yang berinisiatif untuk memajukan Indonesia melalui bidang pendidikan. Adalah Anies Baswedan, pencetus dari gerakan Indonesia Mengajar yang juga merupakan Rektor Universitas Paramadina. Wanna know who is Anies Baswedan? just klik this link: Anies Baswedan.

Let’s back to Indonesia Mengajar.

Image Indonesia Mengajar ini bergerak dengan menempatkan para pemuda terbaik dan terpilih bangsa ke tempat-tempat pelosok di penjuru Indonesia. Untuk apa? Teaching! Ya, mengajar. Para sarjana muda yang sebelumnya telah terpilih dan dinyatakan lolos untuk menjadi Pengajar Muda, akan ditugaskan di pulau-pulau di seluruh Indonesia untuk menjadi Guru. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Para sarjana terpilih ini akan melewati waktu mereka selama setahun di tempat yang telah ditugaskan kepada mereka. Aceh, Banten, Kalimantan, Majene, NTT, bahkan Papua. Mereka akan ditempatkan di salah satu desa atau kecamatan untuk menjadi guru bagi anak-anak setempat yang memang sangat membutuhkan. Permasalahan kekurangan guru yang berkualitas di Indonesia lah yang kemudian menjadi latar belakang mengapa para sarjana ini ditempatkan di tempat yang sangat jauh dari yang dinamakan kemajuan peradaban dan tekhnologi. Selama setahun itu, para sarjana yang kemudian disebut sebagai Pengajar Muda, tidak serta merta hanya mengajar anak-anak di SD, namun mereka juga akan menjadi salah satu orang yang diberi tanggung jawab untuk mampu memajukan desa, tempat ia ditugaskan.

Luar biasa! Mengapa tidak, para Pengajar Muda ini lebih memilih untuk meninggalkan kemewahan hidup di kota-kota besar demi menjadi Guru di tempat yang benar-benar belum terjamah oleh kemajuan mesin waktu peradaban. Mereka bergerak atas nama kepedulian terhadap kemajuan bangsa dan Negara. Negara dengan beratus-ratus juta orang yang hidup di dalamnya, Negara dengan beribu-ribu kepala keluarga yang menjadi tanggungannya, dan Negara yang penuh dengan kehidupan yang beragam macam. Kebobrokan pemerintahan yang senantiasa menjadi headnews di media-media membuat para Pengajar Muda tergerak hatinya untuk turun tangan, dibanding hanya melipat tangan.

Kemajuan bangsa dan Negara selalu dikatakan ada di tangan para generasi muda. Dan terkadang kita melupakan generasi-generasi muda yang berada di pelosok-pelosok bangsa. Anak-anak kecil itu memiliki hak atas pendidikan yang sama dengan anak-anak seumuran mereka yang tinggal di kota. Anak-anak kecil itu juga memiliki hak yang sama untuk dapat merasakan kemajuan Dunia. Anak-anak kecil itu harus diberi kesempatan untuk show up diri mereka dihadapan bangsa, Negara dan Dunia. Anak-anak kecil itu butuh uluran tangan seperti yang dilakukan oleh para Pengajar Muda.

Indonesia Mengajar, menjadi satu-satunya gerakan yang menginspirasi setiap pemuda di Indonesia yang peduli tentang semua permasalahan bangsa. Indonesia Mengajar, semoga menjadi tonggak kekuatan bangsa untuk tetap bertahan dan maju menggapai cita dan harapan.

Indonesia Mengajar, setahun mengajar, seumur hidup menginspirasi.

(Saya menulis ini dengan penuh harapan bahwa kelak ketika saya sudah mencapai gelar sarjana, saya bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu Pengajar Muda. Amin)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s