UNPAD, Diskusi Ilmiah, dan Teknologi

Tugas Resume Materi

PRE-SCHOOL 1

SOL (School of Leader) 7

Universitas Padjadjaran

 

UNPAD, Diskusi Ilmiah dan Teknologi.

(Oleh: Siti Hajar Riyanti)

 

Jadilah orang yang membuat orang lain terlihat cantik.

-Ukus Kuswara-

Bulan Mei ini, saya diberi kesempatan untuk mengikuti SOL (School of Leader) 7 sebagai delegasi dari LISES UNPAD. Beberapa rangkaian kegiatan harus saya ikuti, termasuk Pre-School yang akan dilaksanakan sebanyak 2 kali, berturut-turut di setiap akhir minggu. Pada Pre-School pertama, kami ­para murid diberi tugas untuk meresume materi dari 1st day dan 2nd day. Berikut hasil resume yang saya dapat share.

Unpad dan segala Ke-Unpad-an

Materi tentang Unpad dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Unpad kali ini disampaikan oleh 3 orang pembicara sekaligus: 1) Drs. Ukus Kuswara, sebagai Sekjen Kementerian Kewirausahaan & Ekonomi Kreatif RI, 2) Indra Purnama, dari Kementerian BUMN sekaligus perwakilan IKA Unpad, dan 3) Heriawan, selaku Direktur Kemahasiswaan Unpad. Ketiga pembicara tersebut merupakan alumni Unpad.

Pembicaraan pertama diawali oleh bapak Drs. Ukus yang membicarakan mengenai Kontribusi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Kreasi&Rekreasi) dalam Ekonomi Indonesia juga membicarakan mengenai segala hal berkaitan dengan IKA (Ikatan Alumni) Unpad. Pada materi ini, beliau menyampaikan beberapa hal mengenai kreatifitas yang dianggap sebagai salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Dalam kesempatan kali ini beliau mengungkapkan bahwa hal utama yang menjadi tonggak bagi bertahannya manusia di tengah maraknya perkembangan zaman adalah mengenai “Bagaimana cara kita menempatkan diri dalam kehidupan masyarakat.

Selain itu, beliau menyampaikan salah satu cara untuk menumbuhkan kreatifitas dalam diri masing-masing orang dalam hal ini merupakan mahasiswa adalah dengan belajar memberikan kemudahan kepada orang banyak. Langkah yang dapat diambil adalah dengan menciptakan ruang kreatif, pusat kreatif lalu sentra kreatif.

Hal lain yang beliau sampaikan adalah mengenai IKA (Ikatan Alumni Unpad) yang merupakan wadah bagi para alumni lulusan Unpad yang mencoba berkontribusi penuh terhadap almamater. Program kerja IKA adalah sebagai berikut.

  1. Pengembangan Industri Kreatif

Merupakan program kerja yang dapat direalisasikan melalui gerakan kreativitas, workshop, inkubator bisnis, beasiswa, dan hal-hal berkaitan dengan pengembangan kreativitas mahasiswa UNPAD.

  1. Kerjasama Strategi

Dalam hal ini, fokus utama IKA Unpad ada pada perwujudan Unpad sebagai World Class University dengan orientasi Asia dan Afrika, menimbang Bandung adalah merupakan Ibukota Kebudayaan. Program kerja ini dapat direalisasikan melalui konferensi, pertukaran mahasiswa, dan penelitian tentang Asia Afrika.

  1. Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk program kerja untuk menciptakan eksistensi peran IKA Unpad dalam kehidupan masyarakat sekitar kampus. Direalisasikan melalui Community College, pengobatan gratis, dan donor darah.

  1. Kebijakan Publik dan UMKM

Program kerja ini ditujukan untuk memberi masukan dan tindakan nyata bagi kebijakan publik Indonesia. Dilakukan melalui kajian-kajian kebijakan dan pengembangan UMKM.

Dalam pelaksanaan program kerja ini, IKA Unpad mencoba untuk menjalankan kerjasama dengan mahasiswa Unpad untuk mencapai tujuan dengan berhasil.

Etika Diskusi dalam Ilmiah

Pada hari kedua, sesi pertama disampaikan oleh bapak Toni Hersing mengenai Etika dalam Diskusi Ilmiah. Beliau menyampaikan mengenai pengertian etika, perilaku etika adalah melakukan sesuatu secara benar dan memperoleh sesuatu yang baik. Etika merupakan ruang terbatas pada kelompok profesi atau cabang ilmu pengetahuan tertentu. Etika yang dimaksud di sini adalah mengenai etika dalam berdiskusi.

Pengertian diskusi dapat dikatakan sebagai bertukar pikiran, perundingan dan/atau pembicaraan tentang suatu masalah untuk memahami, menemukan sebab terjadinya masalah dan mencari jalan keluarnya. Pada hakikatnya, diskusi merupakan suatu cara untuk mengatasi masalah dengan proses berpikir kelompok. Secara ilmiah, diskusi merupakan media komunikasi untuk mengatasi masalah dengan proses berpikir kelompok. Diskusi merupakan kegiatan kerja sama yang mempunyai cara-cara dasar yang   harus dipatuhi oleh seluruh kelompok.

Dalam hal ini, diskusi memiliki komponen-komponen tertentu yaitu 1) Materi, 2) Peserta, 3) Moderator, 4) Notulis, 5) Narasumber, 6) Sarana prasarana. Keenam komponen tersebut menentukan keberhasilan diskusi yang dijalankan, bila salah satu komponen hilang diskusi mungkin masih bisa berlangsung, namun tidak akan berjalan sesuai dengan yang seharusnya. Hal lain tentang diskusi yaitu mengenai diskusi yang dapat diawali dengan pembukaan, penyampaian agenda, penyampaian permasalahan, tanya jawab, dan kesimpulan.

Adapun jenis-jenis diskusi adalah sebagai berikut.

a)      Diskusi Meja Bundar

b)      Diskusi Kelompok

c)      Diskusi Panel

d)     Seminar

e)      Konferensi

f)       Lokakarya

g)      Rapat Kerja

h)      Simposium

i)        Kolokium

j)        Debat

k)      Dst.

Dalam pre-school 2nd day ini, peserta diajak melakukan simulasi diskusi dengan dua sistem, kelompok kecil dan kelompok besar. Simulasi ini ditujukan untuk mengenalkan lebih dalam mengenai seperti apa diskusi yang baik dan benar.

Penerapan Teknologi

Melek media online.

Pembicara pada sesi ke-2 adalah bapak Syauqy Lukman, S.Sos., MSM. Beliau memaparkan mengenai perkembangan teknologi khususnya internet yang semakin hari semakin berkembang. Perkembangan internet yang berkembang sangat pesat menjadi salah satu fenomena mengesankan dalam berbagai sektor: pendidikan, pemerintahan, ekonomi, dan sebagainya.

Pada kali ini disampaikan bahwa internet sudah dijadikan sebagai media dalam pengembangan potensi masyarakat. Internet menjadi kebutuhan masyarakat, keunggulan dari penggunaan internet ini adalah karena internet merupakan media yang gratis, mudah dalam mengakses, cepat dalam sumber informasi, dan dapat diakses dimana-mana. Namun yang harus menjadi pertimbangan utama adalah mengenai bagaimana cara menggunakan media internet yang baik. Hal yang penting adalah berhati-hati dan harus sangat memperhatikan hal detail tentang apa saja yang di share maupun yang didownload. Hati-hati dengan apa yang dibaca, dilihat dan didengarkan. Selain itu, yang paling penting harus jujur dan menjadi diri sendiri.

Penggunaan internet dapat dijadikan sebagai wadah informasi bagi suatu kebutuhan masyarakat. Perencanaan penggunaan teknologi dalam aktivitas komunikasi terdiri dari 1) Situation Analysis/Fact Finding, 2)Strategy, 3) Plan, 4) Execution, 5) Evaluation. Pada dasarnya penggunaan internet harus diimbangi dengan kecerdasan dalam mem-filter apa yang didapatkan dari internet.

 

Sekian, resume dari materi yang disampaikan pada pre-school 1st day.

Semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s