Saya sih tetep pilih yang itu…

Malam ini saya sedang exciting banget dengan momen pilpres yang akan dilaksanakan besok hari, InshaAllah. Saking excitingnya bahkan saya sampai berpikir untuk tidak sama sekali melewatkan detik demi detik khusus untuk tanggal 9 Juli 2014 ini. Bagaimana tidak, jika biasanya saya dihadapkan pada istilah “3 tahun ditentukan oleh 3 hari” (dalam setiap ujian nasional), kali ini saya dan kamu juga dihadapkan dengan momen jauh lebih penting: “5 menit menentukan 5 tahun kedepan”. Dengan 5 menit kita bisa melakukan hal yang begitu sakral di TPS, masuk bilik pencoblosan dan melakukan pencoblosan dengan berbagai ritual khusus. Ritualnya? 1) Niat (basmallah), 2) Buka kertas suara, 3) Lihat foto 4 orang yang mejeng di kertas suara, 4) Coblos, 5) Lipat kertas suara, 6) baca Hamdallah, then selesai.
Indahnya demokrasi. Semua orang bisa menentukan nasibnya masing-masing dalam hidup bernegara dan berbangsa. Namun terkadang, isu demokrasi selalu membuat orang lupa bahwa tidak semua yang menjadi pilihannya dapat menjadi sebuah kenyataan. Ya kayak semisal dulu nih saya lebih condong pilih pak Faisal jadi wali kota Bandung, eh hasilnya malah pak Ridwan Kamil yang terpilih. Tapi ternyata, beliau jauh jauh jauh lebih hebat dibanding calon yang lain. Belum genap setahun, kota Bandung sudah melakukan banyak perubahan yang membuat saya ternganga-nganga, terenyuh, dan tergerak (hatinya). Keren. Semenjak itu saya jadi mengidolakan pak Ridwan Kamil. Dan semenjak itu pula saya tahu bahwa tidak selamanya yang menurut kita terbaik, menurut Tuhan juga itu paling baik.
Tuhan tidak pernah salah menentukan yang terbaik bagi hamba-Nya. Itu point pentingnya.
Percaya deh, hal ini juga bakal terjadi dalam pemilihan presiden kali ini. Semoga hehe.
Saya rasa, excitingnya saya juga dirasakan oleh sebagian besar penduduk Indonesia yang punya ataupun tidak punya akun media sosial (facebook, twitter, web, blog, tumblr, dll). Kamu juga pasti tahu, beberapa minggu terakhir media sosial panas banget. Beberapa kelompok bikin hashtag #akhirnyapilihjokowi, dan jadi trending topic, sedunia pula. Eh beberapa hari setelahnya, kelompok yang lain bikin hashtag #pilihankusatu_PRABOWO, dan jadi trending topic juga. Sedunia loh. Tapi ya bagaimana tidak, wong hampir 50% pengguna twitter kan emang orang Indonesia hehehehehe. But, it’s not the main topic. Hal penting yang harus ditanggapi dari ini semua adalah bahwa ternyata warga Indonesia makin sini makin peduli sama Negaranya. Semua komponen penduduk Indonesia seolah-olah merasakan “suasana” tegang dalam menghadapi 9 Juli besok. Semua berlomba-lomba untuk ikut partisipasi. Semua berlomba-lomba untuk cari informasi tentang calon yang bakal dipilih. Dan semua berlomba-lomba untuk posting di twitter, facebook, path, instagram, dll, pendapat mereka tentang calon presiden kita. Walaupun sebagian besar cuma pengen ikut-ikutan, copy paste saja, biar telihat keren. Tapi itu bukan masalah, yang penting kita tahu bahwa anak-anak muda seperti kita semuanya peduli dengan pilpres besok, ya gak? Jarang kan yang apatis sekarang? Hehehe
Tapi, diluar semua itu, mari berharap euforia masa kampanye tidak hanya berhenti esok hari saja. Semoga setelah nanti terpilih presiden yang terbaik, Indonesia akan tetap utuh menjadi negara yang bersatu, tidak terpecah belah, tidak terhancurkan.
Mari berharap euforia ini tidak hanya dirasakan oleh pendukung presiden terpilih saja, semoga pendukung calon presiden lawan juga dengan legowo menerima dan mendukung presiden terpilih. Karena beliau pasti yang terbaik.
Mari berharap euforia ini juga diridhoi oleh Allah SWT.
Amin.
Prabowo? Jokowi? Yang mana?
Ah, saya sih tetep pilih Susilo Bambang Yudhoyono, heheheheeh

One thought on “Saya sih tetep pilih yang itu…

  1. ahh, selalu suka dengan tulisannya Riri hehe
    skecthnya bagus,mengalir berirama.. pengen banget bisa diskusi langsung🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s