Tentang Rindu pada Rumah

alone

Kemanapun langkah membawa pergi, hati dan jiwa tertinggal bersama kenangan, di Rumah.

Tetiba rindu sekali dengan suasana rumah sebagai tempat tinggal. Tentang bagaimana pola hidup di rumah, bersama orang tua dan segenap keluarga terdekat. Aktifitas dari bangun tidur hingga tidur lagi. Bercengkerama dan selalu ada bahan obrolan setiap saat, tentang bagaimana menceritakan aktifitas di luar rumah, berkumpul dalam satu meja, tertawa dan bahagia.
Tetiba rindu sekali dengan kondisi santai di rumah, yang memberikan rasa nyaman dan tanpa kekhawatiran apapun. Kekhawatiran tentang ibu, ayah, kakak yang selalu di rasa ketika pergi jauh dari rumah.

Sebenarnya, bukan wujud fisik rumah yang dirindukan, tapi tentang segala hal yang tertuang di dalamnya. Tentang senangnya hidup bersama, tentang bahagianya hidup berbagi, tentang kenyamanan dan keamanan, tentang rasa yang tak pernah dirasakan jika berada jauh dari rumah.

Diperjelas.
Rindu rumah bukan serta merta rindu pada penampakan rumah seperti beratap jerami dan beralaskan tanah, atau beratap genting emas dengan alas permadani indah. Rindu rumah bukan sebatas rindu duduk di sofa nyaman di salah satu sudutnya. Rindu rumah bukan juga rindu akan nyamannya tempat tidur yang serba indah. Bukan itu.

Rasanya, rindu rumah selalu tak mampu menjawab pertanyaan kapan bisa kembali tinggal di rumah dengan lama waktu berbulan-bulan, bertahun-tahun?
Kupikir, ini bukan kekhawatiran, namun feeling berkata lain hal. Tentang takdir yang mungkin membawa langkah menjauh dari rumah, tentang keputusan yang membawa diri ke tempat nan jauh disana. Entah dimana, entah kapan, dan entah dengan siapa. Yang pasti, takdir itu yang tetap akan membawa pergi diri jauh dari rumah.

Maka rindu rumah, akan menjadi hal yang abadi.

Mungkin.

Rinduku bukan rekayasa, rinduku seperti dahaga di padang pasir tandus tanpa mata air jernih.

One thought on “Tentang Rindu pada Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s