Burung

gambar-burung-elang-animasi-84179Masing-masing orang memiliki cara sendiri to get a feeling of importance. Cara yang dimiliki jelas berbeda. Hasil yang didapatkan per orangnya akan berbeda.
Terkadang kita harus selalu bisa menerima kenyataan yang terjadi dengan sikap “begitu saja”, tanpa perlu melakukan penolakan ataupun andil menyalahkan.

Terkadang kita hanya bisa menerima peristiwa yang dengan sengaja kita biarkan terjadi. Karena kupikir setiap peristiwa tidak ada yang pernah terjadi begitu saja. Tuhan tidak menciptakan peristiwa sendiri. Tuhan memberi kebebasan kepada kita untuk menentukan, memilih, dan menjalankan. Jadi, apa yang perlu disesali ketika peristiwa yang kita hadapi pada kenyataannya tidak sesuai dengan ekspektasi yang menjulang tinggi  di relung hati terdalam.

Terkadang kita terpaksa menelan sesuatu secara bulat-bulat, untuk terhindar dari sensasi rasa yang tidak nyaman di lidah. Terkadang kita perlu mengikuti arus air yang mengalir deras untuk menemukan persimpangan mana yang akan kita lewati dan muara seperti apa yang akan kita temukan. Memang, hanya ikan mati yang mengikuti aliran arus sungai. Somehow, kita tidak pernah tahu muara seperti apa yang akan kita dapatkan kelak di depan. Apapun yang menjadi keputusan, salah benarnya akan kita ketahui kelak di akhir. Mengikuti arus atau melawan arus, siapapun boleh memilih, tanpa perlu ikut-ikutan. Apapun yang menjadi keputusan, terpenting adalah semua didasarkan pada pertimbangan yang jelas, tanpa keragu-raguan.

Tuhan selalu membiarkan kita masuk ke dalam peristiwa demi peristiwa untuk terus mengambil butiran hikmah yang tersebar di dalamnya.

Tuhan selalu memberikan kesempatan untuk kita terus belajar menyikapi peristiwa demi peristiwa dengan sikap bijak.

Jika belum bijak, terus belajar bijak, jika masih belum bisa, terus dilanjut, sampai terhenti hanya oleh waktu.

Kita sudah bukan pohon yang ditempa angin kencang lagi. Kita adalah burung petualang yang terbang tanpa henti, bertemu badai pasir hingga petir. Kali ini kita sendiri yang menentukan, akan terus terbang atau berhenti dan menjatuhkan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s